Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ulangan Kenaikan Kelas Sejarah Kelas 11 Wajib

Berikut soal ukk kelas 11


1. Hasrat bangsa-bangsa Barat khususnya Portugis untuk berdagang secara langsung dengan
Dunia Timur, tanpa harus melalui Konstantinopel dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa…
a. Kota Konstantinopel tertutup untuk Barat.
b. Berdagang secara langsung lebih menguntungkan.
c. Kekayaan alam bangsa Portugis sangat terbatas.
d. Henry Sang Navigator mengenal Dunia Timur lebih dekat.
e. Ceuta dikuasai bangsa Moor.
 
2. Perhatikan data di bawah ini!
1) Alih pengetahuan
2) Idealism pribadi
3) Kartografi
4) Kompas
5) Karavel
6) Rasa ingin tahu yang tinggi
7) Informasi penjelajah sebelumnya
Dari data di atas, factor pendukung Penjelajahan Samudera yang terkait dengan inovasi di
tunjukan pada nomor…
a. 1, 2, 3.
b. 2, 3, 4.
c. 3, 4, 5.
d. 4, 5, 6.
e. 5, 6, 7.
 
3. Kedatangan Spanyol ke Maluku menimbulkan konflik dengan Portugis. Portugis menuduh
Spanyol melanggar perjanjian Thordesillas. Konflik tersebut pun diatasi melalui perjanjian
Saragosa, yang isinya…
a. Portugis berdagang di wilayah Maluku Utara, dan Spanyol di Maluku Selatan.
b. Keduanya membangun serikat dagang bersama dan menerapkan system bagi hasil.
c. Spanyol meninggalkan Maluku.
d. Spanyol hanya diperbolehkan menyebarkan agama Kristen.
e. Daerah monopoli bangsa Portugis di Maluku dibatasi.
 
4. Perhatikan data berikut!
1) Menguasai seluruh perdagangan rempah-rempah di Indonesia
2) Menghindari persaingan yang tidak sehat antar sesame pedagang Belanda
3) Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan dengan para
pedagang dari negara lain
4) Menaklukan wilayah di Indonesia untuk dikuasai Belanda
Yang merupakan tujuan dari VOC ialah….
a. 1 dan 4.
b. 2 dan 3.
c. 1 dan 3.
d. 2 dan 4.
e. 3 dan 4.
 
5. Salah satu sebab runtuhnya VOC adalah apa yang disebut perdagangan partikelir. Istilah ini
mengacu pada kenyataan bahwa para pegawai VOC …
a. Memeras pedagang-pedagang eceran.
b. Beralih status dari pegawai VOC menjadi pedagang swasta.
c. Menerik gratifikasi dari pedagang-pedagang swasta.
d. Terlibat dalam perdagangan rempah-rempah secara illegal.
e. Hanya memusatkan perhatian pada kepentingan pribadi dan keluarga.
 
6. Ketika Portugis menjadikan dirinya sebagai penguasa tunggal perdagangan rempah-rempah
yang menentukan harga, volume, serta memaksa semua petani menjual rempah-rempahnya
kepadanya, lalu rakyat Nusantara terutama di Maluku melakukan perlawanan. Selain karena
factor ekonomi, perlawanan ini juga dilatarbelakangi oleh factor social budaya, yaitu bahwa
praktik ini dianggap…
a. Melecehkan tradisi serta kerjasama perdagangan yang telah berjalan sebelum
kedatangan Portugis.
b. Tidak sesuai dengan hukum Islam yang telah mengakar di Kesultanan-kesultanan
Nusantara.
c. Hanya menguntungkan orang-orang kulit putih dari Eropa serta saudagar-saudagar
Arab.
d. Mengganggu sumber keuangan kesultanan-kesultanan pribumi.
e. Perpanjangan tangan system ekonomi liberal yang tidak sesuai dengan kearifan local
di Nusantara.
 
7. Pada tahun 1526 dan 1527, kesultanan Demak menyerang Sunda Kelapa yang saat itu
dikuasai Kerajaan Pajajaran yang bercorak Hindu. Faktor social budaya yang ikut
melatarbelakangi serangan Kesultanan Demak ke Sunda Kelapa adalah…
a. Adanya kekhawatiran ekspansi Portugis ke wilayah-wilayah kekuasaan Demak.
b. Kebijakan monopoli perdagangan oleh Portugis di tanah Jawa.
c. Adanya rencana Portugis membangun benteng di Sunda Kelapa.
d. Adanya perjanjian dagang antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran.
e. Adanya kekhawatiran penyebaran agama oleh Portugis melalui Sunda Kelapa.
 
8. Dalam bidang pendidikan, orang-orang Eropa di Nusantara selama masa penjajahan Belanda
ditempatkan di sekolah yang dikhususkan untuk mereka dan tidak bercampur dengan
penduduk pribumi. Hamper semua halo rang Eropa mendapat kemudahan untuk bergerak
dalam bidang ekonomi. Mereka ibarat raja dalam model feudal tradisional (Kerajaan).
Kenyataan ini mencerminkan praktik yang disebut…
a. Deskriminasi.
b. Diferensiasi.
c. Asimilasi.
d. Akulturasi.
e. Westernisasi.
 
9. Perhatikan data dibawah ini!
1) Bersifat local
2) Belum ada kesadaran kebangsaan
3) Tertuju pada visi besar, yaitu Indonesia merdeka
4) Perlawanan bersifat fisik atau menggunakan kekuatan senjata
5) Dipimpin oleh pemimpin yang kharismatik
Dari data di atas yang bukan ciri perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah sebelum
lahir kesadaran nasional ditunjukan pada nomor…
a. 1.
b. 2.
c. 3.
d. 4.
e. 5.
 
10. Serangan Sultan Agung terhadap VOC di Banten dan Batavia pada tahun 1628 dan 1629,
perlawanan Sultan Hasanudin dari Makassar pada tahun 1667, serta perlawanan Pattimura
di Maluku pada tahun 1817pada dasarnya merupakan bentuk reaksi atas kebijakan…
a. Penyebaran agama Kristen.
b. Campur tangan terhadap urusan kerajaan.
c. Monopoli perdagangan.
d. Westernisasi.
e. Diskriminasi ras.
 
11. Salah satu tujuan Belanda mendirikan VOC adalah monopoli perdagangan rempah-rempah
di Indonesia. Untuk melaksanakan monopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku, VOC
berhak menebang atau memusnahkan tanaman rempah-rempah agar tidak terjadi kelebihan
produksi yang menyebabkan harga rempah-rempah merosot. Selanjutnya Belanda juga
melakukan patroli laut untuk memata-matai aktifitas para petani dalam melakukan kegiatan
jual beli hasil pertanian. Tindakan VOC itu disebut...
a. Contingenten dan verplichte leverantie.
b. Hak octroi dan pelayaran hongi.
c. Hak ekstripasi dan hak oktroi.
d. Hak ekstripasi dan pelayaran Hongi.
e. Verplichte leverantie dan hak oktroi.
 
12. Kebijakan penting Gubernur Jenderal William Deandless dalam bidang pertahanan dan sosial
tampak dalam pernyataan berikut ini...
PERTAHANAN SOSIAL
a.Pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu Membentuk tiga jenis peradilan.
b. Perbudakan dibiarkan berkembang Membagi Jawa menjadi 9 prefektur.
c. Membangun jalan antara Anyer-Panarukan Menghapus upacara penghormatan.
d. Membuat jaringan pos distrik dengan mengunakan kuda pos. Menambah jumlah angkatan
perang menjadi 20.000 orang.
e. Membangun pabrik senjata di Gresik dan Semarang Para bupati dijadikan sebagai pegawai pemerintah Belanda.
 
13. Perhatikan data berikut ini!
1) Penghapusan sistem feodalisme
2) Penerapan Landrente
3) Ditulisnya buku History of Java
4) Penerbitan buku History of East Indian Archiepilego
5) Mendukung Bataviaach Genootscap
6) Pembangunan Kebun Raya Bogor
Masa pemerintahan Raffles di Indonesia memberikan banyak peninggalan yang berguna bagi
ilmu pengetahuan, antara lain sebagaimana tersebut kecuali pada nomor...
a. 1 dan 2.
b. 3 dan 4.
c. 5 dan 6.
d. 1 dan 4.
e. 3 dan 6.
 
14. Pada masa Gubernur Jenderal van Den Bosch di Indonesia telah diberlakukan kebijakan yang
terkenal dengan tanam paksa (Culture Stelsel). Peraturannya disusun sedemikian rupa
sehingga tidak memberatkan masyarakat. Namun kenyataannya pelaksanaan sistem
tersebut banyak menyimpang dari aturan-aturan yang telah ditentukan. Pernyataan yang
tidak sesuai dengan aturan dan pelaksanaan sistem tanam paksa yaitu...
ATURAN PELAKSANAAN
a. Tanah pertanian yang disediakan penduduk tidak boleh melebihi seperlima luas tanah yang disediakan penduduk lebih dari seperlima.
b. Kegagalan panen yang bukan kesalahan petani menjadi tanggung jawab pemerintah Kegagalan panen menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan petani.
c. Pekerjaan menanam tanaman tidak boleh melebihi pekerjaan menanam padi.Pengerjaan tanaman ekspor seringkali melebihi pekerjaan tanaman padi.
d. Bagi yang tidak memiliki tanah diperkejakan diperkebunan selama 65 hari bagi yang tidak memilki
tanah diperkejakan di perkebunan sebagai tenaga paksaan.
e. Perjanjian dilakukan secara sukarela Perjanjian dilakukan secara paksaan.
 
15. Kongres pemuda II yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan
peristiwa penting lahirnya nasionalisme Indonesia. Kegiatan tersebut dipelopori oleh
beberapa kesatuan pemuda yang hadir dalam acara tersebut. Beberapa kesatuan tersebut
adalah.....
a. Pemufakatan perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia(PPKI).
b. Jong Java, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Celebes dan Jong Islaminten Bond.
c. Partai Nasional Indonesia, Perhimpunan Indonesia, Sarekat Dagang Islam.
d. Indische Partij, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah dan Persatuan Indonesia.
e. Komite Aksi Mahasiswa Indonesia dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia.
 
16. Salah satu isi kalimat Sumpah Pemuda yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah
“menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Kalimat itu mengandung makna...
a. Semua rakyat Indonesia wajib berbahasa Indonesia dalam keluarga, bermasyarakat, dan berbangsa.
b. Semua bahasa daerah wajib dikembangkan dan dikemudian hari bisa dijadikan bahasa nasional.
c. Semua rakyat Indonesia wajib berbahasa Indonesia dalam kegiatan resmi kenegaraan.
d. Semua bahasa daerah tidak perlu digunakan dan dikembangkan karena sudah ada bahasa persatuan.
e. Bahsa daerah perlu dikembangkan untuk menggantikan kedudukan bahsa nasional.
 
17. Pada setiap tanggal 28 Oktober sekarang ini selalu diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda.
Bagi para generasi penerus bangsa, peringatan tersebut sangat penting untuk dilaksanakan.
Karena....
a. Sebagai pelajaran pentingnya persatuan/kesatuan bangsa pada masa kini dan yang akan datang.
b. Memberikan inspirasi bahwa pada masa kini masih perlu adanya kegiatan sumpah pemuda.
c. Sebagai kenangan masa lalu bahwa pemuda Indonesia merupakan generasi yang hebat.
d. Sebagai pendidikan politik tentang pentingnya keberanian melawan penindasan.
e. Sebagai acara rutin yang berdifat seremonial kenegaraan sebagai bukti bangsa yang beradab.

18. Selama kepengurusan Budi Utomo terjadi persaingan pengaruh antara kepemimpinan kaum
priyayi rendahan dengan golongan muda yang radikal. Ketika kongres Budi Utomo di
Yogyakarta kepemimpinan berhasil dikuasai oleh kaum priyayi. Dampak kepemimpinan
kaum priyayi tersebut adalah perubahan terhadap strategi Budi Utomo yang...
a. Lebih menekankan kegiatan politik.
b. Bersifat non kooperatif dan radikal.
c. Menuntut kemerdekaan Indonesia.
d. Lebih lunak terhadap pemerintahan kolonial.
e. Menutamakan kepentingan rakyat pribumi.
 
19. Organisasi-organisasi pergerakan nasional memiliki strategi dengan cara masing-masing
dalam menyikapi tekanan pemerintah kolonial Belanda. Bagi yang memilih strategi
kooperatif maka organisasi ini bersedia bekerjasama dengan pemerintah, sedangkan yang
non-kooperatif menutup diri/ tidak bekerjasama dengan pemerintah. Bersikap radikal
berarti berani bersikap keras dan memberontak terhadap pemerintah. Klasifikasi yang benar
dari strategi organisasi pergerakan nasional berikut adalah...
KOOPERATIF NON KOOPERATIF RADIKAL
a PNI [Perhimpunan Indonesia Indische Parti].
b Sarekat Islam NU Parindra.
c MIAI PKI Budi Utomo.
d GAPI PNI PPPKI.
e Budi Utomo Sarekat Islam PKI.
 
20. Pembentukan ABDACOM (American, British, Dutch, Australian Command) dimaksudkan
untuk...
a. Melindungi kepentingan bersama negara-negara anggotanya di Asia.
b. Mencegah Jepang menduduki jajahan Belanda di Asia, yaitu Indonesia.
c. Mengawal pelaksanaan embargo ekonomi sekutu atas Jepang.
d. Menghambat ekspansi ekonomi Jepamg di Asia dan Eropa.
e. Mengusir Jepang di wilayah jajahan Perancis di Imdocina.
 
21. Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka setelah Jepang
berkuasa di Indonesia membuat semboyan yang simpatik yaitu...
a. Pemberian tunjangan bagi masyarakat miskin.
b. Pembangunan sarana umum untuk kepentingan rakyat.
c. Pengadaan pendidikan murah untuk kemajuan rakyat.
d. Pemerataan kemakmuran untuk seluruh masyarakat.
e. Pembebasan bangsa Asia dari penjajahan bangsa Barat.
 
22. Sejak menduduki wilayah Indonesia maka Jepang berusaha untuk mendapatkan simpati
rakyat Indonesia dengan menghilangkan semua pengaruh Barat dan menggantinya dengan
pengaruh Jepang. Sikap tersebut tentu berpengaruh pula dalam kebijakan politik Jepang di
Indonesia, yakni...
a. Menghapus organisasi-organisasi berbasis Islam.
b. Membentuk organisasi-organisasi yang menuntut kemerdekaan.
c. Mempertahankan organisasi-organisasi pergerakan nasional.
d. Tidak melibatkan bangsa Indonesia dalam berbagai organisasi..
e. Menghapus organisasi-organisasi pergerakan nasional.
 
23. Salah satu dampak pendudukan Jepang dalam bidang sosial-kemanusiaan adalah apa yang
disebut Jugunianfu. Istilah ini mengacu pada...
a. Kaum wanita yang dijadikan tentara dalam perang.
b. Perempuan yang mendapat beasiswa pendidikan dari Jepang.
c. Perempuan Indonesia yang diperbantukan di bidang logistik Jepang.
d. Pembantu rumah tangga di keluarga-keluarga Jepang di Indonesia.
e. Perempuan yang direkrut Jepang untuk dijadikan penghibur.
 
24. Sejak berkuasa di Indonesia pemerintah Jepang mendirikan organisasi yang bersifat militer,
semi militer dan sipil. Contoh klasifikasi yang benar dari organisasi tersebut yaitu...
SIPIL MILITER SEMI MILITER
A Jawa Hokakai PETA Seinendan.
B Keibodan Heiho Fujinkai.
C Fujinkai Putera MIAI.
D PETA Fujinkai Heiho.
E Seinendan Keibodan Gerakan 3A.
 
25. Kebijakan pemerintah Jepang dalam bidang pendidkan, kebudayaan dan kesenian tampak
dalam pernyataan dibawah ini. Perhatikanlah!
1) Upacara penghormatan kepada matahari terbit (Seikerei)
2) Pengibaran bendera Hinomaru
3) Mengenalkan lagu kebangsaan Jepang (Kimigayo)
4) Memberikan kesempatan warga untuk bersekolah
5) Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan
6) Memberikan kesempatan terhadap perkembangan seni budaya Indonesia
Berdasarkan pernyataan di atas, kebijakan-kebijakan yang menguntungkan bangsa Indonesia
adalah pada nomor...
a. 1, 2 dan 3.
b. 4, 5, dan 6.
c. 1, 3, dan 5.
d. 2, 4 dan 6.
e. 1, 4, dan 5.
 
26. Jepang berjanji memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.
Namun, bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus
1945. Hal ini memperlihatkan bahwa...
a. Kemerdekaan bangsa Indonesia bukan pemberian Jepang.
b. Indonesia cepat memanfaatkan momentum menyerahnya Jepang kepada sekutu.
c. Semangat kemerdekaan begitu kuat dalam diri bangsa Indonesia.
d. Bangsa Indonesia bisa melawan kedigdayaan bangsa Jepang.
e. Jeoang ternyata bukan “saudara tua” bangsa Indonesia.
 
27. Informasi yang tidak tepat berikut ini dengan lembaga yang disebut BPUPKI adalah...
a. Dibentuk sebelum Jepang menyerah kepada sekutu.
b. Dibentuk atas inisiatif Jepang.
c. Tugas utamanya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
d. Dipimpin oleh orang Indonesia.
e. Merupakan realisasi atas sebuah janji Jepang.
 
28. Kabar menyerahnya Jepang disatu sisi menggembirakan, namun disisi lain menjadi sumber
ketegangan baru di tengah-tengah kaum aktivis pergerakan nasional. Pokok ketegangan itu
adalah menyangkut...
a. Kapan kemerdekaan itu akan diproklamasikan.
b. Bagaimana proklamasi itu dilakukan.
c. Alasan dilakukannya proklamasi kemerdekaan.
d. Tempat kemerdekaan itu diproklamasikan.
e. Siapa yang memproklamasikan kemerdekaan.
 
29. Sikap Soekarno dan Moh. Hatta sebagai wakil golongan tua, yang memicu sekelompok
pemuda menculik dan membawa keduanya ke Rengasdengklok adalah bahwa Soekarno dan
Moh. Hatta....
a. Tidak ingin proklamasi dilakukan secepat-cepatnya.
b. Menganggap remeh kekuatan rakyat Indonesia dalam melawan Jepang.
c. Tidak melibatkan kaum muda dalam rapat-rapat penting.
d. Menulis naskah proklamasi di rumah perwira Jepang.
e. Menghendaki proklamasi dilakukan dalam wadah PPKI.
 
30. Alasan mendasar golongan muda menghendaki proklamasi kemerdekaan dilakukan tanpa
menunggu tanggal 24 Agustus serta tanpa melibatkan PPKI adalah...
a. Adanya kekhawatiran sekutu akan mengambil alih kekuasaan di Indonesia.
b. Keyakinan bahwa Jepang tidak akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.
c. Kemerdekaan itu hasil perjuangan dan pengorbanan rakyat Indonesia sendiri.
d. Adanya keyakinan bahwa rakyat Indonesia siap melawan Jepang.
e. Tidak adanya jaminan sidang PPKI akan mempercepat pelaksanaan proklamasi.



Soal Ulangan Kenaikan Kelas Sejarah Kelas 11 Wajib

Posting Komentar untuk "Soal Ulangan Kenaikan Kelas Sejarah Kelas 11 Wajib"