Soal Ulangan Kenaikan Kelas Sejarah Kelas 11 Wajib
Berikut soal ukk kelas 11
1. Hasrat bangsa-bangsa Barat
khususnya Portugis untuk berdagang secara langsung dengan
Dunia Timur, tanpa harus melalui
Konstantinopel dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa…
a. Kota Konstantinopel tertutup
untuk Barat.
b. Berdagang secara langsung
lebih menguntungkan.
c. Kekayaan alam bangsa Portugis
sangat terbatas.
d. Henry Sang Navigator mengenal
Dunia Timur lebih dekat.
e. Ceuta dikuasai bangsa Moor.
2. Perhatikan data di bawah ini!
1) Alih pengetahuan
2) Idealism pribadi
3) Kartografi
4) Kompas
5) Karavel
6) Rasa ingin tahu yang tinggi
7) Informasi penjelajah
sebelumnya
Dari data di atas, factor
pendukung Penjelajahan Samudera yang terkait dengan inovasi di
tunjukan pada nomor…
a. 1, 2, 3.
b. 2, 3, 4.
c. 3, 4, 5.
d. 4, 5, 6.
e. 5, 6, 7.
3. Kedatangan Spanyol ke Maluku
menimbulkan konflik dengan Portugis. Portugis menuduh
Spanyol melanggar perjanjian
Thordesillas. Konflik tersebut pun diatasi melalui perjanjian
Saragosa, yang isinya…
a. Portugis berdagang di wilayah
Maluku Utara, dan Spanyol di Maluku Selatan.
b. Keduanya membangun serikat
dagang bersama dan menerapkan system bagi hasil.
c. Spanyol meninggalkan Maluku.
d. Spanyol hanya diperbolehkan
menyebarkan agama Kristen.
e. Daerah monopoli bangsa
Portugis di Maluku dibatasi.
4. Perhatikan data berikut!
1) Menguasai seluruh perdagangan
rempah-rempah di Indonesia
2) Menghindari persaingan yang
tidak sehat antar sesame pedagang Belanda
3) Memperkuat kedudukan Belanda
dalam menghadapi persaingan dengan para
pedagang dari negara lain
4) Menaklukan wilayah di Indonesia
untuk dikuasai Belanda
Yang merupakan tujuan dari VOC
ialah….
a. 1 dan 4.
b. 2 dan 3.
c. 1 dan 3.
d. 2 dan 4.
e. 3 dan 4.
5. Salah satu sebab runtuhnya VOC
adalah apa yang disebut perdagangan partikelir. Istilah ini
mengacu pada kenyataan bahwa para
pegawai VOC …
a. Memeras pedagang-pedagang
eceran.
b. Beralih status dari pegawai
VOC menjadi pedagang swasta.
c. Menerik gratifikasi dari
pedagang-pedagang swasta.
d. Terlibat dalam perdagangan
rempah-rempah secara illegal.
e. Hanya memusatkan perhatian
pada kepentingan pribadi dan keluarga.
6. Ketika Portugis menjadikan
dirinya sebagai penguasa tunggal perdagangan rempah-rempah
yang menentukan harga, volume,
serta memaksa semua petani menjual rempah-rempahnya
kepadanya, lalu rakyat Nusantara
terutama di Maluku melakukan perlawanan. Selain karena
factor ekonomi, perlawanan ini
juga dilatarbelakangi oleh factor social budaya, yaitu bahwa
praktik ini dianggap…
a. Melecehkan tradisi serta
kerjasama perdagangan yang telah berjalan sebelum
kedatangan Portugis.
b. Tidak sesuai dengan hukum
Islam yang telah mengakar di Kesultanan-kesultanan
Nusantara.
c. Hanya menguntungkan
orang-orang kulit putih dari Eropa serta saudagar-saudagar
Arab.
d. Mengganggu sumber keuangan
kesultanan-kesultanan pribumi.
e. Perpanjangan tangan system
ekonomi liberal yang tidak sesuai dengan kearifan local
di Nusantara.
7. Pada tahun 1526 dan 1527,
kesultanan Demak menyerang Sunda Kelapa yang saat itu
dikuasai Kerajaan Pajajaran yang
bercorak Hindu. Faktor social budaya yang ikut
melatarbelakangi serangan
Kesultanan Demak ke Sunda Kelapa adalah…
a. Adanya kekhawatiran ekspansi
Portugis ke wilayah-wilayah kekuasaan Demak.
b. Kebijakan monopoli perdagangan
oleh Portugis di tanah Jawa.
c. Adanya rencana Portugis
membangun benteng di Sunda Kelapa.
d. Adanya perjanjian dagang
antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran.
e. Adanya kekhawatiran penyebaran
agama oleh Portugis melalui Sunda Kelapa.
8. Dalam bidang pendidikan,
orang-orang Eropa di Nusantara selama masa penjajahan Belanda
ditempatkan di sekolah yang
dikhususkan untuk mereka dan tidak bercampur dengan
penduduk pribumi. Hamper semua
halo rang Eropa mendapat kemudahan untuk bergerak
dalam bidang ekonomi. Mereka
ibarat raja dalam model feudal tradisional (Kerajaan).
Kenyataan ini mencerminkan
praktik yang disebut…
a. Deskriminasi.
b. Diferensiasi.
c. Asimilasi.
d. Akulturasi.
e. Westernisasi.
9. Perhatikan data dibawah ini!
1) Bersifat local
2) Belum ada kesadaran kebangsaan
3) Tertuju pada visi besar, yaitu
Indonesia merdeka
4) Perlawanan bersifat fisik atau
menggunakan kekuatan senjata
5) Dipimpin oleh pemimpin yang
kharismatik
Dari data di atas yang bukan ciri
perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah sebelum
lahir kesadaran nasional
ditunjukan pada nomor…
a. 1.
b. 2.
c. 3.
d. 4.
e. 5.
10. Serangan Sultan Agung
terhadap VOC di Banten dan Batavia pada tahun 1628 dan 1629,
perlawanan Sultan Hasanudin dari
Makassar pada tahun 1667, serta perlawanan Pattimura
di Maluku pada tahun 1817pada
dasarnya merupakan bentuk reaksi atas kebijakan…
a. Penyebaran agama Kristen.
b. Campur tangan terhadap urusan
kerajaan.
c. Monopoli perdagangan.
d. Westernisasi.
e. Diskriminasi ras.
11. Salah satu tujuan Belanda
mendirikan VOC adalah monopoli perdagangan rempah-rempah
di Indonesia. Untuk melaksanakan
monopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku, VOC
berhak menebang atau memusnahkan
tanaman rempah-rempah agar tidak terjadi kelebihan
produksi yang menyebabkan harga
rempah-rempah merosot. Selanjutnya Belanda juga
melakukan patroli laut untuk
memata-matai aktifitas para petani dalam melakukan kegiatan
jual beli hasil pertanian.
Tindakan VOC itu disebut...
a. Contingenten dan verplichte
leverantie.
b. Hak octroi dan pelayaran hongi.
c. Hak ekstripasi dan hak oktroi.
d. Hak ekstripasi dan pelayaran
Hongi.
e. Verplichte leverantie dan hak
oktroi.
12. Kebijakan penting Gubernur
Jenderal William Deandless dalam bidang pertahanan dan sosial
tampak dalam pernyataan berikut
ini...
PERTAHANAN SOSIAL
a.Pemberantasan korupsi tanpa
pandang bulu Membentuk tiga jenis peradilan.
b. Perbudakan dibiarkan
berkembang Membagi Jawa menjadi 9 prefektur.
c. Membangun jalan antara
Anyer-Panarukan Menghapus upacara penghormatan.
d. Membuat jaringan pos distrik
dengan mengunakan kuda pos. Menambah jumlah angkatan
perang menjadi 20.000 orang.
e. Membangun pabrik senjata di
Gresik dan Semarang Para bupati dijadikan sebagai pegawai pemerintah Belanda.
13. Perhatikan data berikut ini!
1) Penghapusan sistem feodalisme
2) Penerapan Landrente
3) Ditulisnya buku History of
Java
4) Penerbitan buku History of
East Indian Archiepilego
5) Mendukung Bataviaach
Genootscap
6) Pembangunan Kebun Raya Bogor
Masa pemerintahan Raffles di
Indonesia memberikan banyak peninggalan yang berguna bagi
ilmu pengetahuan, antara lain
sebagaimana tersebut kecuali pada nomor...
a. 1 dan 2.
b. 3 dan 4.
c. 5 dan 6.
d. 1 dan 4.
e. 3 dan 6.
14. Pada masa Gubernur Jenderal
van Den Bosch di Indonesia telah diberlakukan kebijakan yang
terkenal dengan tanam paksa
(Culture Stelsel). Peraturannya disusun sedemikian rupa
sehingga tidak memberatkan
masyarakat. Namun kenyataannya pelaksanaan sistem
tersebut banyak menyimpang dari
aturan-aturan yang telah ditentukan. Pernyataan yang
tidak sesuai dengan aturan dan
pelaksanaan sistem tanam paksa yaitu...
ATURAN PELAKSANAAN
a. Tanah pertanian yang
disediakan penduduk tidak boleh melebihi seperlima luas tanah yang disediakan penduduk
lebih dari seperlima.
b. Kegagalan panen yang bukan
kesalahan petani menjadi tanggung jawab pemerintah Kegagalan panen menjadi tanggung
jawab bersama pemerintah dan petani.
c. Pekerjaan menanam tanaman
tidak boleh melebihi pekerjaan menanam padi.Pengerjaan tanaman ekspor seringkali
melebihi pekerjaan tanaman padi.
d. Bagi yang tidak memiliki tanah
diperkejakan diperkebunan selama 65 hari bagi yang tidak memilki
tanah diperkejakan di perkebunan
sebagai tenaga paksaan.
e. Perjanjian dilakukan secara
sukarela Perjanjian dilakukan secara paksaan.
15. Kongres pemuda II yang
diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan
peristiwa penting lahirnya
nasionalisme Indonesia. Kegiatan tersebut dipelopori oleh
beberapa kesatuan pemuda yang hadir
dalam acara tersebut. Beberapa kesatuan tersebut
adalah.....
a. Pemufakatan
perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia(PPKI).
b. Jong Java, Jong Batak, Jong
Ambon, Jong Celebes dan Jong Islaminten Bond.
c. Partai Nasional Indonesia,
Perhimpunan Indonesia, Sarekat Dagang Islam.
d. Indische Partij, Nahdatul
Ulama, Muhammadiyah dan Persatuan Indonesia.
e. Komite Aksi Mahasiswa Indonesia
dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia.
16. Salah satu isi kalimat Sumpah
Pemuda yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah
“menjunjung tinggi bahasa
persatuan, bahasa Indonesia”. Kalimat itu mengandung makna...
a. Semua rakyat Indonesia wajib berbahasa
Indonesia dalam keluarga, bermasyarakat, dan berbangsa.
b. Semua bahasa daerah wajib
dikembangkan dan dikemudian hari bisa dijadikan bahasa nasional.
c. Semua rakyat Indonesia wajib
berbahasa Indonesia dalam kegiatan resmi kenegaraan.
d. Semua bahasa daerah tidak
perlu digunakan dan dikembangkan karena sudah ada bahasa persatuan.
e. Bahsa daerah perlu
dikembangkan untuk menggantikan kedudukan bahsa nasional.
17. Pada setiap tanggal 28
Oktober sekarang ini selalu diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda.
Bagi para generasi penerus
bangsa, peringatan tersebut sangat penting untuk dilaksanakan.
Karena....
a. Sebagai pelajaran pentingnya
persatuan/kesatuan bangsa pada masa kini dan yang akan datang.
b. Memberikan inspirasi bahwa
pada masa kini masih perlu adanya kegiatan sumpah pemuda.
c. Sebagai kenangan masa lalu
bahwa pemuda Indonesia merupakan generasi yang hebat.
d. Sebagai pendidikan politik
tentang pentingnya keberanian melawan penindasan.
e. Sebagai acara rutin yang
berdifat seremonial kenegaraan sebagai bukti bangsa yang beradab.
18. Selama kepengurusan Budi
Utomo terjadi persaingan pengaruh antara kepemimpinan kaum
priyayi rendahan dengan golongan
muda yang radikal. Ketika kongres Budi Utomo di
Yogyakarta kepemimpinan berhasil
dikuasai oleh kaum priyayi. Dampak kepemimpinan
kaum priyayi tersebut adalah
perubahan terhadap strategi Budi Utomo yang...
a. Lebih menekankan kegiatan
politik.
b. Bersifat non kooperatif dan
radikal.
c. Menuntut kemerdekaan Indonesia.
d. Lebih lunak terhadap
pemerintahan kolonial.
e. Menutamakan kepentingan rakyat
pribumi.
19. Organisasi-organisasi
pergerakan nasional memiliki strategi dengan cara masing-masing
dalam menyikapi tekanan
pemerintah kolonial Belanda. Bagi yang memilih strategi
kooperatif maka organisasi ini
bersedia bekerjasama dengan pemerintah, sedangkan yang
non-kooperatif menutup diri/
tidak bekerjasama dengan pemerintah. Bersikap radikal
berarti berani bersikap keras dan
memberontak terhadap pemerintah. Klasifikasi yang benar
dari strategi organisasi
pergerakan nasional berikut adalah...
KOOPERATIF NON KOOPERATIF RADIKAL
a PNI [Perhimpunan Indonesia Indische
Parti].
b Sarekat Islam NU Parindra.
c MIAI PKI Budi Utomo.
d GAPI PNI PPPKI.
e Budi Utomo Sarekat Islam PKI.
20. Pembentukan ABDACOM
(American, British, Dutch, Australian Command) dimaksudkan
untuk...
a. Melindungi kepentingan bersama
negara-negara anggotanya di Asia.
b. Mencegah Jepang menduduki
jajahan Belanda di Asia, yaitu Indonesia.
c. Mengawal pelaksanaan embargo
ekonomi sekutu atas Jepang.
d. Menghambat ekspansi ekonomi
Jepamg di Asia dan Eropa.
e. Mengusir Jepang di wilayah
jajahan Perancis di Imdocina.
21. Untuk mendapatkan simpati dan
dukungan dari bangsa Indonesia maka setelah Jepang
berkuasa di Indonesia membuat
semboyan yang simpatik yaitu...
a. Pemberian tunjangan bagi
masyarakat miskin.
b. Pembangunan sarana umum untuk
kepentingan rakyat.
c. Pengadaan pendidikan murah
untuk kemajuan rakyat.
d. Pemerataan kemakmuran untuk
seluruh masyarakat.
e. Pembebasan bangsa Asia dari
penjajahan bangsa Barat.
22. Sejak menduduki wilayah
Indonesia maka Jepang berusaha untuk mendapatkan simpati
rakyat Indonesia dengan
menghilangkan semua pengaruh Barat dan menggantinya dengan
pengaruh Jepang. Sikap tersebut
tentu berpengaruh pula dalam kebijakan politik Jepang di
Indonesia, yakni...
a. Menghapus organisasi-organisasi
berbasis Islam.
b. Membentuk
organisasi-organisasi yang menuntut kemerdekaan.
c. Mempertahankan
organisasi-organisasi pergerakan nasional.
d. Tidak melibatkan bangsa
Indonesia dalam berbagai organisasi..
e. Menghapus
organisasi-organisasi pergerakan nasional.
23. Salah satu dampak pendudukan
Jepang dalam bidang sosial-kemanusiaan adalah apa yang
disebut Jugunianfu. Istilah ini
mengacu pada...
a. Kaum wanita yang dijadikan
tentara dalam perang.
b. Perempuan yang mendapat
beasiswa pendidikan dari Jepang.
c. Perempuan Indonesia yang
diperbantukan di bidang logistik Jepang.
d. Pembantu rumah tangga di
keluarga-keluarga Jepang di Indonesia.
e. Perempuan yang direkrut Jepang
untuk dijadikan penghibur.
24. Sejak berkuasa di Indonesia
pemerintah Jepang mendirikan organisasi yang bersifat militer,
semi militer dan sipil. Contoh
klasifikasi yang benar dari organisasi tersebut yaitu...
SIPIL MILITER SEMI MILITER
A Jawa Hokakai PETA Seinendan.
B Keibodan Heiho Fujinkai.
C Fujinkai Putera MIAI.
D PETA Fujinkai Heiho.
E Seinendan Keibodan Gerakan 3A.
25. Kebijakan pemerintah Jepang
dalam bidang pendidkan, kebudayaan dan kesenian tampak
dalam pernyataan dibawah ini.
Perhatikanlah!
1) Upacara penghormatan kepada
matahari terbit (Seikerei)
2) Pengibaran bendera Hinomaru
3) Mengenalkan lagu kebangsaan
Jepang (Kimigayo)
4) Memberikan kesempatan warga
untuk bersekolah
5) Bahasa Indonesia sebagai
bahasa pengantar dalam pendidikan
6) Memberikan kesempatan terhadap
perkembangan seni budaya Indonesia
Berdasarkan pernyataan di atas,
kebijakan-kebijakan yang menguntungkan bangsa Indonesia
adalah pada nomor...
a. 1, 2 dan 3.
b. 4, 5, dan 6.
c. 1, 3, dan 5.
d. 2, 4 dan 6.
e. 1, 4, dan 5.
26. Jepang berjanji memberikan
kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.
Namun, bangsa Indonesia
memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus
1945. Hal ini memperlihatkan
bahwa...
a. Kemerdekaan bangsa Indonesia
bukan pemberian Jepang.
b. Indonesia cepat memanfaatkan
momentum menyerahnya Jepang kepada sekutu.
c. Semangat kemerdekaan begitu
kuat dalam diri bangsa Indonesia.
d. Bangsa Indonesia bisa melawan
kedigdayaan bangsa Jepang.
e. Jeoang ternyata bukan “saudara
tua” bangsa Indonesia.
27. Informasi yang tidak tepat
berikut ini dengan lembaga yang disebut BPUPKI adalah...
a. Dibentuk sebelum Jepang
menyerah kepada sekutu.
b. Dibentuk atas inisiatif Jepang.
c. Tugas utamanya mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
d. Dipimpin oleh orang Indonesia.
e. Merupakan realisasi atas
sebuah janji Jepang.
28. Kabar menyerahnya Jepang
disatu sisi menggembirakan, namun disisi lain menjadi sumber
ketegangan baru di tengah-tengah
kaum aktivis pergerakan nasional. Pokok ketegangan itu
adalah menyangkut...
a. Kapan kemerdekaan itu akan
diproklamasikan.
b. Bagaimana proklamasi itu
dilakukan.
c. Alasan dilakukannya proklamasi
kemerdekaan.
d. Tempat kemerdekaan itu
diproklamasikan.
e. Siapa yang memproklamasikan
kemerdekaan.
29. Sikap Soekarno dan Moh. Hatta
sebagai wakil golongan tua, yang memicu sekelompok
pemuda menculik dan membawa
keduanya ke Rengasdengklok adalah bahwa Soekarno dan
Moh. Hatta....
a. Tidak ingin proklamasi
dilakukan secepat-cepatnya.
b. Menganggap remeh kekuatan
rakyat Indonesia dalam melawan Jepang.
c. Tidak melibatkan kaum muda
dalam rapat-rapat penting.
d. Menulis naskah proklamasi di
rumah perwira Jepang.
e. Menghendaki proklamasi
dilakukan dalam wadah PPKI.
30. Alasan mendasar golongan muda
menghendaki proklamasi kemerdekaan dilakukan tanpa
menunggu tanggal 24 Agustus serta
tanpa melibatkan PPKI adalah...
a. Adanya kekhawatiran sekutu
akan mengambil alih kekuasaan di Indonesia.
b. Keyakinan bahwa Jepang tidak
akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.
c. Kemerdekaan itu hasil
perjuangan dan pengorbanan rakyat Indonesia sendiri.
d. Adanya keyakinan bahwa rakyat
Indonesia siap melawan Jepang.
e. Tidak adanya jaminan sidang
PPKI akan mempercepat pelaksanaan proklamasi.
Posting Komentar untuk "Soal Ulangan Kenaikan Kelas Sejarah Kelas 11 Wajib"