Lanjutan Soal Ulangan Kenaikan Kelas | Liku
Melanjutkan soal sebelumnya
31. Tokoh yang mengusulkan agar yang teks Proklamasi di tandatangani oleh Bung Karno dan
Bung Hatta atas nama bangsa
Indonesia adalah...
a. Ahmad Soebardjo.
b. BM. Diah.
c. Sukarni.
d. Sayuti Melik.
e. Chaerul Saleh.
32. Sambil menunggu penyerahan
kekuasaan di Indonesia kepada sekutu, Jeoang diwajibkan
untuk menjaga status quo yang
artinya...
a. Jepang membiarkan Indonesia
dikuasai Belanda kembali.
b. Jeoang memastikan tidak akan
bertahan di Indonesia.
c. Jepang wajib menjaga Indonesia
dari penguasaan Belanda.
d. Sekutu menjamin mengembalikan
semua aset Jepang saat tiba di Indonesia.
e. Jepang berada dibawah status
pengawasan ketat Perserikatan Bangsa-Bangsa.
33. Perhatikan data berikut!
1) Peristiwa Rengasdengklok
2) Penyusunan naskah proklamasi
3) Pelaksanaan proklamasi
kemerdekaan
4) Penyebarluasan berita
proklamasi
5) Pengesahan Undang-Undang Dasar
Dari data di atas, pernyataan
yang tidak termasuk dalam peristiwa-peristiwa penting yang
terjadi pada sekitar proklamasi
kemerdekaan ditunjukan pada nomor...
a. 1.
b. 2.
c. 3.
d. 4.
e. 5.
.
34. Proklamasi kemerdekaan
dilaksanakan dengan sederhana tetapi sangat hikmat. Hal itu
karena proklamasi kemerdekaan
memiliki arti yang sangat penting bagi perjalanan sejarah
bangsa Salah satu makna dari
peristiwa ini adalah...
a. Bangsa Indonesia merdeka
karena pengorbanan para pahlawan.
b. Bangsa Indonesia mampu melawan
penjajah sekuat apa pun.
c. Bangsa Indonesia adalah bangsa
yang pantang menyerah.
d. Proklamasi kemerdekaan
menandai berdirinya negara Republik Indonesia.
e. Setelah proklamasi banyak
tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia.
35. Berita penyebaran tentang
proklamasi disebarluaskan dengan cepat. Berikut ini yang bukan
menjadi wadah yang
menyebarluaskan berita proklamasi kemerdekaan antara lain...
a. Radio.
b. TVRI.
c. Coretan di dinding kereta api.
d. Koran.
e. Pamflet dan poster.
36. Para tokoh bangsa, terutama
yang beragama Islam, setuju untuk mengganti bunyi
Pembukaan UUD 1945 sebagaimana
tertera dalam Piagam Jakarta. Selain untuk menjaga
persatuan bangsa, sikap itu juga
mencerminkan penghargaan serta toleransi terhadap...
a. Keberagaman.
b. Martabat manusia.
c. Orang-orang Indonesia Timur.
d. Jasa para pahlawan.
e. Perbedaan pendapat.
37. Perhatikan pernyataan berikut
ini!
1) Membentuk Komite Nasional
2) Membentuk Badan Keamanan
Rakyat (BKR)
3) Mengesahkan Undang-Undang
Dasar 1945
4) Membentuk Partai Nasional
Indonesia
5) Pembentukan MPR dan DPR
Dari data di atas, hasil sidang
PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 22 Agustusan 1945
ditunjukan pada nomor...
a. 1, 2, 3.
b. 1, 2, 4.
c. 2, 3, 4.
d. 2, 3, 5.
e. 3, 4, 5.
38. Rakyat dan BKR melakukan aksi
pembumihangusan terhadap Kota Bandung, tindakan
tersebut dilakukan untuk...
a. Membalas aksi tentara Belanda.
b. Mengusir Belanda dari Kota
Bandung.
c. Mempertahankan Kota Bandung dari
pendudukan Belanda.
Pilihan :.
a. Sultan Haji.
b. Sultan Hasannudin.
c. Sultan Agung.
d. Sultan Ageng Tirtayasa..
e. Sultan Iskandar Muda.
f. Ternate.
g. Tidore.
h. Perjanjian Bongaya.
i. Perjanjian Saragosa.
j. Lumbung berasnya.
dibakar
d. Menghancurkan Kota Bandung
agar tidak dapat dimanfaatkan oleh sekutu.
e. Mengganti bangunan lama dengan
bangunan baru.
39. Perhatikan pernyataan ini!
1) Belanda menolak secara de
facto kedaulatan wilayah Republik
2) Negara serikat segera dibentuk
dengan pusat pemerintahan di Den Haag
3) Belanda mengakui secara de
facto wilayah RI atas Jawa, Madura dan Sumatera
4) Belanda-Indonesia sepakat
membentuk Republik Indonesia Serikat
5) Mengakui ratu Belanda sebagai
pemimpin simbolis dari Uni Belanda-Indonesia
Dari pernyataan di atas, mana
sajakah yang merupakan isi dari Perjanjian Linggarjati yang
diselenggarakan pada tanggal 12
November 1946?
a. 1, 2 dan 3.
b. 1, 2 dan 4.
c. 2, 3 dan 4.
d. 2, 3 dan 5.
e. 3, 4 dan 5.
40. Susunan negara federal buatan
Belanda akhirnya berakhir, karena memang bertentangan
dengan cita-cita proklamasi.
Dengan demikian, tercapainya persetujuan antara Republik
Indonesia dengan RIS pada tanggal
19 Mei 1950 untuk membentuk...
a. Negara Republik Indonesia
Bersatu.
b. Negara Indonesia Serikat.
c. Negara Kesatuan Rebulik Indonesia.
d. Republik Indonesia Serikat.
e. Republik Indonesia Merdeka.
Essay
1. Di dalam sejarah bangsa-bangsa
di dunia dikenal adanya masa penjelajahan samudra.
Aktivitas ini tidak terlepas
untuk memenuhi kejayaan dan kepuasan serta keinginan
menguasai dunia untuk memperoleh
keuntungan ekonomi dan kejayaan politik.
a. Sebutkan masing-masing 1 nama
tokoh dari penjelajah bangsa barat (Portugis,
Spanyol, Inggris dan Belanda)!
b. Mengapa bangsa Indonesia
akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan Asing?
2. Setelah Malaka jatuh ke Tangan
Portugis pada Tahun
1511, Justru membawa keuntungan
bagi Aceh karena
banyak pedagang Islam yang
menyingkir dari Malaka
menuju kesana. Namun, dalam
perkembangannya justru
membuat Portugis ingin
menghancurkannya, melalui Raja
(1)................ dan semua
kekuatan tentaranya mualai
menyerang Portugis di Malaka
walaupun serangannya
gagal. Kemudian 1512 Portugis
memusatkan
kekuasaannya di (2).........
disusul Spanyol Tahun 1521
memasuki daerah (3)..........
melalui perjanjian (4)....h...
Spanyol harus meninggalkan
Maluku. Raja yang paling
terkenal dari kerajaan Mataram
yaitu (5)..........................,
beliau memiliki cita-cita untuk
mempersatukan seluruh
tanah Jawa dan mengusir kekuatan
Asing, beliau
melakukan serangan terhadap VOC
tahun 1628 dan 1629 di Batavia namun mengalami
kegagalan,
karena(6)......i......... , salah satu Raja dari Banten yang membangun saluran
irigasi
bernama
(7)........................, VOC mencoba menghancurkan kerajaan Banten melalui
politik
adu domba dengan mengangkat
(8).......................sebagai raja tandingan agar dapat
menumbangkan kekuasaan raja
sebelumnya. Raja kerajaan Gowa Makassar yang
bernama(9).............harus
menyerahkan kerajaannya pada VOC melalui
perjanjian(10)...............
3. Pada masa Jepang, keadaan
pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami
kemerosotan. Mengapa hal itu bisa
terjadi? Coba lakukan telaah secara kritis!
4. Sumpah pemuda memiliki makna
yang sangat penting dalam sejarah perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mendapatkan
kemerdekaan. Jelaskan peranan pemuda khususnya
dalam membentuk persatuan untuk
mewujudkan kemerdekaan!
5. Dalam perjuangannya melawan
bangsa asing dan mempertahankan kemerdekaan RI,
Soedirman memilih meninggalkan
istana untuk memimpin perang gerilya secara langsung,
dalam keadaan sakitpun beliau
memimpin perlawanan meskipun dalam keadaan ditandu.
Nilai perjuangan apa yang dapat
kamu petik dan dijadikan pedoman dalam kehidupanmu?
Jawaban pilihan ganda
1. B
2. C
3. C
4. B
5. E
6. A
7. E
8. A
9. C
10. D
11. D
12. C
13. A
14. E
15. B
16. C
17. A
18. D
19. E
20. B
21. E
22. E
23. E
24. A
25. B
26. A
27. E
28. A
29. E
30. E
31. C
32. C
33. E
34. C
35. B
36. A
37. B
38. D
39. E
40. C
Jawaban Essay
1. a. Tokoh dari Portugis:
Bartholomeus Diaz, Vasco de Gama, Alfonso de Albuquerque
tokoh dari Spanyol: Sbastian de Elcano,
Magelhans, Colombus
tokoh dari Inggris : Sir Francis Drake, James
cook
Tokoh dari Belanda: Cornelis de Houtman
b.Bangsa Indonesia akhirnya jatuh ke tangan
asing karena: sumber daya alam yang menjadi
incaran bangsa barat bagi
semangat 3Gnya, dimana dibeberapa tempat seperti Banten,
Maluku kaya akan rempah-rempah
yang saat itu sangat laku dipasaran. Selain itu
pertahanan wilayah kita masih
sangat mudah ditembus oleh bangsa lain, karena sifatnya
masih terbagi-bagi dalam beberapa
kerajaan (bukan kesatuan) sehingga mudah untuk
ditaklukan karena perlawanannya
bersifat kedaerahan, kalah dalam senjata serta mudah
di adu domba.
2. Beikut jawabannya:
1) E. Sultan iskandar muda
2) F. Ternate
3) G. Tidore
4) I. Perjanjian Saragosa
5) C. Sultan Agung
6) J. Lumbung berasnya dibakar
7) D. Sultan Ageng Tirtayasa
8) A. Sultan Haji
9) B. Sultan Hasannudin
10) H. Perjanjian Bongaya
3. Karena kurikulum dibatasi,
yaitu kurikulum militer. Melatih angkatan perang untuk
membantu Jepang dalam perang
melawan sekutu. Sedangkan dibidang perkebunan yang
diwajibkan dalam pertanian yaitu
tanaman yang membantu ekonomi perang, seperti
tanaman jarak (pelumas) dan
kapas. Tanaman yang tidak diperlukan untuk kebutuhan
perang harus dibumihanguskan.
4. Peranan pemuda saat itu
sebagai pelopor, bahwa ditangan pemudalah kemerdekaan bisa di
peroleh. Kaum pemuda membentuk
persatuan dengan latar belakang daerah yang berbedabeda, dari suku yang berbeda
meninggalkan sifat kedaerahan, mereka menjujung persatuan
agar terwujud kemerdekaan secara
nasional.
5. Bekerja keras, apapun
hambatannya harus tetap berusaha, tidak mudah menyerah,
mengepentingkan kepentingan bersama.
Khususnya demi kemerdekaan saat itu
Posting Komentar untuk "Lanjutan Soal Ulangan Kenaikan Kelas | Liku"